Membuat Sketsa Tampak 3 Dimensi

Kali ini, marilah kita "tipu" sejenak mata kita. Di bawah ini ada sebuah kotak yang saya buat dengan kertas.


"Tipuannya" adalah, membuat sketsa tampak seperti objek 3 Dimensi (kali ini objeknya adalah sebuah kotak).



Biar tidak penasaran, bagaimana hasil akhirnya?, mari kita sama-sama lihat video di bawah ini:


Pada gambar di atas, terdapat dua buah kotak. Kotak pertama (sebelah kanan) adalah kotak asli yang terbuat dari kertas, dan kotak sebelah kiri adalah kotak "tipuan" yang akan kita buat.

Baiklah kita mulai.
Pertama, tempatkan kotak kertas (objek) di atas kertas yang akan kita gambar. Point penting adalah "pandangan kita". Usahakan pandangan kita tetap pada satu garis menuju ke objek kotak.

Setelah itu, berilah titik acu pada masing masing ujung kotak. Anggap mata kita adalah cahaya, dan kotak adalah objek, kemudian gambar yang akan kita buat adalah proyeksi bayangan dari objek (kotak). Untuk jelasnya, lihatlah gambar di bawah ini !




Sambungkan titik-titik acu yang sudah kita tandai. Apabila Objek (kotak kertas) kita pinggirkan, maka sketsa yang terbentuk adalah seperti tampak pada gambar di bawah ini (kalau objek pandang kita alihkan ke atas tepat lurus vertikal menuju kertas).



Sekarang kembalikan sudut pandang kita ke posisi semula, dan mulailah memberi aksen gelap terang untuk sketsa yang kita buat.
Di bawah ini adalah sketsa jadi yang sudah kita buat. Apabila objeknya belum benar-benar nampak 3 Dimensi, tutup sebelah mata kita, cobalah mata kiri atau mata kanan yang di tutup dengan tangan, atau bisa menggunakan alat bantu kamera.


Selamat mencoba, objek lain mungkin? yang lebih menantang? :). Terima kasih dan semoga berkenan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Shadow Puppet (Part 02)

Membuat Mikroskop Digital Menggunakan Kamera HP

Membuat Sapu Jepang