Membuat Sapu Jepang

Perkakas kebersihan yang satu ini adalah salah satu benda "unik" yang saya temui ketika pertama kali datang ke Jepang 2004 silam. Mungkin karena bentuk dan bahan yang berbeda, tidak seperti yang di gunakan atau di buat oleh kebanyakan orang di Indonesia.

Pagi ini, setelah 9 tahun lebih familier dengan perkakas ini, saya coba sharing manfaat dan cara pembuatannya. Mudah-mudahan bisa berguna.

Baiklah kita mulai saja.
Pertama-tama, Ini bahan-bahan yang kita perlukan:
  1. Ujung ranting bambu
  2. Kawat kecil (kira-kira diameter 3 milimiter)
  3. Kawat besar (kira-kira diameter 6 milimiter dan panjang 15 cm)
  4. Batang bambu (kira-kira diameter 5 Centimeter dan panjang 1,3 Meter )
Alat yang kita perlukan untuk pengerjaannya :
  1.  Gergaji
  2. Tang pemotong
  3. Pisau
Berikut Langkah-langkah pembuatannya:

1. Bersihkan ujung-ujung ranting bambu sehingga daun-daunnya benar-benar bersih. Untuk sebuah sapu kita memerlukan sedikitnya 35 ranting dengan panjang kira-kira 1 meter dari pangkal ke ujung ranting. Seperti tampak pada gambar di bawah ini.


  

2.  Batang bambu yang akan menjadi pegangan Sapu, sebelumnya harus di pasak dengan kawat berdiameter tebal (poin 3 pada bahan di atas). Kawat ini berfungsi untuk menguatkan pegangan supaya tetap menempel ke ujung-ujung dasar ranting yang akan kita sematkan. Untuk jelasnya lihat gambar di bawah ini.


3. Kemudian sematkan ujung-ujung dasar ranting bambu dengan cara melingkar di batang bambu (pegangan sapu) kira-kira mengambil 30 cm ujung bawah batang bambu (pegangan sapu), seperti tampak pada gambar diatas.

4. Lilitkan kawat berdiameter kecil kira-kira 7 lilitan melingkar sehingga ujung pangkal ranting kuat tertahan melingkar di ujung batang bambu pegangan. Sementara lilitan melingkar kawat paling bawah di tumpukan ke pasak kawat berdiameter besar yang sudah kita buat di langkah kedua. Lihat gambar berikut ini.

Dengan cara seperti ini, pegangan akan terkunci dan ranting-ranting bambu akan tetap menempel dengan baik.

5. Sampai disini, pengerjaan sudah hampir selesai.


Di bawah ini ada beberapa tips supaya penggunaan perkakas sapu ini bisa digunakan dengan nyaman saat kita bekerja nanti.

Upayakan ujung pegangan bagian atas tepat dipotong di ruas bambu, hal ini untuk menghindari pecahnya buku bambu, lihat gambar di bawah ini

Panjang pegangan kurang lebih 1 meter ditambah 30 cm untuk menempelkan ranting bambu. Pegangan 1 meter ini membuat kita leluasa untuk menyapu dengan posisi tubuh yang tetap tegak sehingga kita tidak mudah lelah saat bekerja.

Kalau ada ide untuk memproduksi secara masal, jangan lupa dikemas dengan baik dan aman supaya memudahkan pengiriman nantinya.




Akhir kata, selamat mencoba dan "Mari kita jaga kebersihan bersama-sama"
Salam.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Shadow Puppet (Part 02)

Membuat Mikroskop Digital Menggunakan Kamera HP