Membuat Mikroskop Digital Menggunakan Kamera HP

Mikroskop (bahasa Yunani: micros = kecil dan scopein = melihat) adalah sebuah alat untuk melihat objek yang sangat kecil, adalah objek yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata.


Saat kuliah dulu, impian saya adalah mempunyai sebuah mikroskop sendiri. Bukan hanya untuk mengamati objek kecil saat perkuliahan, tapi dengan objeck ini bisa membantu hobi sampingan saya dalam mencontoh corak dan motif-motif untuk dijadikan unsur seni.


Karena harganya sangat mahal, sampai sekarang alat ini belum bisa saya miliki :(.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mewujudkan keinginan saya sejak dulu, yaitu keinginan memiliki sebuah mikroskop. Andapun sama?. Mari kita coba!!!


Dengan hanya menggunakan kamera Handphone kita bisa mempunyai sebuah mikroskop Digital yang hasilnya sangat memuaskan.


Di bawah ini, Bahan-bahan yang kita perlukan :


  • Double Tip tebal
  • Senter
  • 3 buah botol Yakult bekas
  • Casing CD transparan / bening
  • Lensa Laser Optik 
Sebelum ke tahap pembuatan, ada baiknya saya perlihatkan bentuk jadinya terlebih dahulu. Inilah Mikroskop Pertama yang saya punya dalam hidup saya:


Hehe...jangan liat dulu bentuknya :) mau tau hasil bidikannya? kita buat dulu sama-sama yu?!.

Pertama :
Letakan HP di tengah-tengah atas Casing CD. Kita akan ukur letak lensa kamera yang nanti akan menempel di sisi Casing HP. Seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Tandai dengan spidol pada Casing CD tepat di tengah-tengah posisi lensa kamera HP.
Bagian yang kita tandai ini nantinya akan kita bor/ lubangi dan akan kita sematkan "Lensa Laser Optik"yang saya dapatkan dari Laser Pen. 

Apakah Lensa Laser Optik ? Klik Disini untuk infonya.

Kedua :
Bor/ Lubangi bagian yang sudah kita tandai tadi, boleh menggunakan bor kalau ada, atau dengan menggunakan alat lainnya. Besar lubang adalah sebesar diameter lensa laser optik.
Oh ya. Laser optik ini ada yang dijual persatuan lensa, atau bisa kita ambil dari pulpen laser seperti pada tutorial kali ini.



Manfaatkan sebuah botol Yakult untuk tumpuan/alas supaya tidak mengenai lantai dan sampahnya akan tertampung (mudah kita bersihkan).

Ketiga:
masukan Lensa Laser tadi ke bagian yang sudah kita lubangi.

Supaya lensa tetap diam, pakailah Double Tip untuk menahan lensa pada dinding Casing CD. Seperti pada gambar di bawah ini :


Keempat:
Sampai disini Mikroskop kita sebenarnya sudah jadi. Langkah selanjutnya adalah memposisikan lensa kamera HP tepat di atas Lensa Optik. Seperti tampak pada gambar di bawah ini:


Supaya HP pas dan tidak bergeser-geser saat digunakan, tempelkan Double Tip di sisi kiri, kanan dan depan HP. (baru testing posisi hape saja mikroskop kita sudah beraksi, Anda bisa melihat serabut karpet yang sangat besar tampak jelas di layar HP bukan? :)

Kelima:
Memasang ketiga botol Yakult sebagai tumpuan dengan bantuan Double tip untuk merekatkan pada permukaan bawah Casing CD, seperti tampak pada gambar berikut


Keenam:
Percobaan Preparat (objek yang akan kita lihat)
Karena dirumah saya tidak ada preparat Biologi, saya gunakan saja Daun segar, Bola Jahit dan Tisyu untuk terternya ;)

Mikroskop Digitalpun jadi. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.
Berikut Foto-foto saat Mikroskop Digital kita beraksi :
Eng Ing Eeeeeeng:

Lampu senter diletakkan di bawah preparat (dibawah objek)

Lampu senter di arahkan dari samping untuk melihat objek yang tebal.

Pokus tergantung pada tinggi rendahnya jarak lensa optik ke objek, untuk itu diperlukan bantuan pengganjal yang bisa fleksibel di rubah-rubah.

(panci...bukan bagian dari percobaan kita ;)

Preparat Awetan Hibiscus stem
Preparat Awetan Annual rings


Dengan sedikit sentuhan, di bawah ini foto Mikroskop Digital yang sudah saya sempurnakan.

Sekali lagi, selamat mencoba...salam











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Shadow Puppet (Part 02)

Membuat Sapu Jepang